Setelah saya mempelajari modul 1.1, saya menyadari bahwa setiap anak mempunyai KODRAT bakat alamiahnya yang mana kita sebagai guru bukan hanya sekedar memberikan ilmu pengetahuan kepada muridnya tetapi mentransfer nilai kebudayaan juga, kita menuntun dan membimbing anak dalam mengembangkan bakat tersebut agar potensi-potensi anak berkembang dengan maksimal sehingga menjadi manusia/ anggota masyarakat yang mandiri, bertanggung jawab, berbudi pekerti, beriman dan bertaqwa.
Saya akan berusaha mencari model pelaksanaan teori pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan dan kebudayaan Indonesia dan menerapkannya di kelas dengan BERHAMBA pada sang anak sesuai dengan cerminan KHD. Proses pembelajaran dan bahan ajar yang saya berikan berpusat pada siswa dan sesuai dengan bakat, minat, karakter, dan potensi anak, sehingga pembelajaran lebih menyenangkan dan memberikan kesan positif sehingga anak merasa merdeka lahir dan batin tanpa ada paksaan. Menurut saya system Among yang merupakan teori atau gagasan dari bapak Ki Hajar Dewantara sangatlah bagus dan asli Indonesia punya. Karena metode pengajarannya berdasarkan pada asih, asah dan asuh. Para guru disebut pamong yang bertugas untuk memndidik, mengajar dan mengasah kecerdasan dengan kasih sayang.
Penulis
Putri Nurhayati, M.Pd
Komentar
Posting Komentar